Entri Populer

Rabu, 02 Januari 2013

Tempat Belanja Murah di Bangkok


Ini adalah pengalaman saya saat jalan-jalan di bangkok. buat kalian yang mau tau cara pesan tiket airasia dengan debit bca klik disini

Memang benar yang orang bilang, selain di Singapore, Bangkok(Thailand) juga merupakan tempat belanja di Asia Tenggara dengan kualitas barang yang cukup bagus terutama pakaian. Bukan hanya itu, selain pakaian juga terdapat pernak-pernik, souvenir, aksesoris, dan lainnya yang cukup menarik perhatian saya. Banyak kaum hawa yang mencari pakaian-pakaian dengan model terkini dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan negara lain. Memang bukan barang asli, tapi untuk kualitas tidak perlu khawatir karna sesuai dengan harga yang kita bayar, jadi wajar saja.

Nah, karna saya sudah bisa berbahasa Thailand (hanya untuk tawar-tawar harga), jadi lumayan deh kadang dikasih discount lebih. hehehe. Buat teman-teman yang memang baru pertama kali ke Bangkok jangan khawatir, saya akan pandu kalian ke tempat-tempat belanja murah yang kalian bisa kunjungi. Ini dia daftar  Pusat Belanja Murah yang harus kalian kunjungi kalau ke Bangkok, Thailand.

1. Pratunam (cara mengejanya "Platunam" karna orang thailand kebanyakan cadel)

Platunam merupakan tempat belanja khususnya pakaian yang berada di Bangkok. Pasar pakaian ini buka 24 jam. Dan jangan hanya mencari di dalam pasar pratunam karna diluar pasar pratunam banyak sekali kios-kios yang menawarkan pakai-pakaian dengan harga dan model yang beragam. tapi untuk pria lebih baik datang sore, sekitar pukul 4 untuk mencari pakaian. Saya juga kurang tau kenapa, tapi pakaian pria banyak dijual disana ketika sore. Untuk kaum hawa jangan khawatir, pedagang banyak menjual kebutuhan pakaian wanita disini.

Letak pasar ini ada di tikungan Ratchaprop Road dan Petchburi road, silakan Anda check di Google Maps dengan kata kunci "Pratunam Market Thailand" dan dekat dengan KBRI. Banyak dari orang Indonesia yang berkunjung ke Thailand tinggal di Hotel dekat dengan pasar ini dikarenakan tempatnya yang strategis dan banyak mal-mal yang dekat sehingga tidak perlu mengeluarkan kocek tambahan untuk taksi.

Tips :
1. Untuk kalian yang mau harga murah jangan takut menawar, tawar saja. Harga Pakaian disini rata-rata THB 100 -300 (beli banyak tawar 20-30% atau lebih). Kebanyakan dari pedagang memberikan harga berbeda untuk pembelian 3 potong pakaian (boleh beda model asal harga sama)
2. Disini banyak Hotel dan tempatnya strategis dekat dengan pusat belanja di Thailand, jadi lebih baik mencari Hotel dekat-dekat sini. Untuk tau Hotel apa saja yang ada dekat dengan Pratunam Market klik link ini.
3. Barang yang mau dibeli dicek dulu, karna barang yang sudah dibeli tidak dapat kalian kembalikan.
4. Kalau kalian jauh dari kawasan ini, lebih baik lihat waktu, jangan pilih jam kerja atau sibuk, karna untuk menuju tempat ini macet.

2. Platinum Mall

Mall yang banyak menjual aneka aksesoris dan pakaian ini tidak pernah sepi dari pengunjung meski dihari-hari sibuk. Banyaknya foreigner (orang asing) yang lebih memilih belanja dengan kondisi sejuk, membuat tempat ini lebih digemari dari "Pratunam Market". Konsep Mall dengan toko-toko dan food court bisa kalian temui didalamnya tidak membuat harga yang diberikan penjual naik atau mahal, tetapi relatif terjangkau.

Produk Favorit saya ditempat ini adalah jam tangan, meski harganya murah TH 79, sudah 6 bulan masih belum berkarat dan kinclong (dipakai setiap hari). Harga pakaian dan aksesoris lainya juga sesuai, sama dengan "pratunam market". Meski mempunyai beberapa keunggulan dibanding "Pratunam Market", banyak toko di mall ini  sudah tutup sampai jam 20.00 WIB (waktu indonesia barat sama dengan bangkok) dan tidak lama setelah itu mall ini pun tutup.

Letak mall ini tidak jauh dari "Pratunam Market", tepatnya didepan "Pasar Pratunam Market (hanya jalan lewati jembatan penyebrangan dan langsung masuk ke mall, tidak perlu turun-turun kalau tidak mau cape)

Tips :
1. Sama dengan tips yang diatas

3. Pantip Plaza

Tempat penggemar gadget, kamera, komputer dan barang elektronik ini pastinya tidak akan terlewatkan untuk para penggemarnya. Dengan harga lebih murah yang ditawarkan, pantip menjadi salah satu pusat elektronik di kota bangkok. Produk disini juga mempunyai garansi resmi dan toko, sesuai dengan harganya. tentunya lebih mahal untuk garansi resmi.

Banyak produk ditempat ini yang dikemas dengan bentuk unik, seperti flashdisc dengan bentuk unit. Letak tempat ini hanya bersebelahan dengan "Platinum Mall".

Tips :
1. Sama seperti diatas dan Perhatikan baik-baik barang yang dibeli, lebih baik bergaransi resmi karna sewaktu-waktu ada apa-apa bisa diurus di indonesia.
2. Jangan hanya tanya harga ke satu toko, harga elektronik disini tidak seperti harga pakaian yang relatif sama, setiap toko berbeda.
3. tawar harga sebaik mungkin.
4. Beberapa toko disini bekerja sama dengan pihak bandara, terkadang mereka memberikan potongan dengan ketentuan dapat diambil dibandara (saya tidak tau ini masih berlaku atau tidak), lumayan bisa untung.

4. MBK Center (Mabungkon)

MBK Center merupakan pusat belanja seperti mall, tapi disini banyak juga menjual makanan khas Thailand, seperti makanan favorit saya, kripik durian. Sama seperti mall biasanya di MBK center juga memiliki tempat nonton bioskop, food court dan tempat lainnya. Jadi menurut saya kalau mau beli makanan buat oleh-oleh bisa juga beli disini.

Memang hampir semua tempat belanja disini menjual produk khas Thailand, seperti pakaian, makanan, aksesoris, pajangan, dan lainnya. Untuk pakaian harganya lebih mahal dari Pratunam dan Platinum.

Letak mall ini dekat dengan Siam Paragon Mall dan tidak jauh dari "Pratunam Market", "Platinum", dan "Pantip". Naik taksi hanya menghabiskan THB 50-100, tapi mungkin banyak dari supir taksi yang mau, karna kawasan ini merupakan kawasan ramai/macet terutama jam kerja. Kalian juga bisa jalan kalau mau, anggap aja jalan-jalan.

Tips :
1. sama seperti diatas
2. Jangan tertipu supir taksi, naik taksi bandara yang kuning hijau tua atau merah muda dean pakai argo.
3 Kalau pulang dari MBK naik taksi tunggu di tempat taksi, jam padat susah dapat taksi sekitar pukul 17.00-19.00, antriannya panjang.
4. Jangan lupa jalan-jalan kesebelahnya, "Siam Paragon Mall", mall besar dan barang yang dijual barang brandith dan mahal tentunya (Lihat-lihat saja gak apa2..hehehe)

untuk selanjutnya saya lanjut lagi nanti ya dan beberapa link belum ada, mohon maaf. kalian bisa komen untuk tanya-tanya, saya bisa bantu secepat saya mampu..

terima kasih

1 komentar:

  1. Kemudahan belanja barang secara online adalah, tokonya buka 24 jam. Namun demikian saya sangat sepakat jika belanja online harus memerhatikan keamanan, atau bisa2 rekening kita bisa kebobol deh.. :D. Paling kurang situs ecommerce melindungi data pribadi kita, dan memberi garansi keamanan kita dalam berbelanja. Nice post sob. I will see you update. Thank you for sharing.

    BalasHapus